Pohon Kelapa: Pesona Kehidupan Abadi

15 November 2023
Pohon Kelapa: Pesona Kehidupan Abadi
Penulis : Siwi Wid Siwihanna

Pohon kelapa, juga dikenal sebagai “tree of life” yang berarti pohon kehidupan karena hampir semua bagian tanamannya dapat diolah menjadi produk yang bernilai ekonomi. Ditemukan di berbagai wilayah tropis dan subtropis, pohon kelapa telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Lalu, bagaimana pohon kelapa bisa jadi lambang pesona kehidupan abadi?

1. Buah Kelapa

Banyak sekali olahan produk dari buah kelapa, bahkan hampir dari kita semua pasti menggunakannya setiap hari. Daging buah kelapa adalah bagian yang paling banyak dimanfaatkan. Bisa dimakan langsung atau diolah menjadi santan, kelapa parut, minyak kelapa, dan es kelapa muda. 

2. Air Kelapa

Dalam buah kelapa, terdapat air kelapa yang tidak kalah enak untuk dikonsumsi. Air kelapa bisa dikonsumsi secara langsung karena menyegarkan. Nata de coco merupakan salah satu olahan air kelapa dari hasil fermentasi. Memiliki tekstur kenyal dan manis, nata de coco biasa kita jumpai sebagai bahan campuran minuman segar seperti es krim, es buah, dan boba tea. 

3. Sabut Kelapa

Sabut kelapa yaitu lapisan keras yang melindungi buah kelapa. Di setiap sudut mata kita, pasti mudah sekali menemukan produk olahan sabut kelapa. Apakah kamu bisa menebaknya? Benar, sabut kelapa biasa digunakan sebagai campuran pembuatan kertas. Selain itu, sabut kelapa sering dimanfaatkan menjadi peralatan rumah tangga seperti pot tanaman, sapu ijuk, keset, dan arang sebagai bahan bakar. 

4. Daun Kelapa

Produk olahan daun kelapa yang paling sering kita temui yaitu sapu ijuk. Kalau di makanan, biasanya setiap lebaran kita akan menemukan di olahan menu opor ayam yaitu sebagai pembungkus ketupat. Selain itu, daun kelapa juga bermanfaat sebagai atap sementara dan bahan bakar untuk membakar sampah atau memasak.

5. Batang Kelapa

Seperti yang kita tahu, batang kelapa biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kertas. Kayu yang berasal dari batang kelapa memiliki karakteristik tekstur yang kasar dan tahan lama. Tidak heran, kini banyak olahan mebel seperti meja dan kursi yang menggunakan kayu dari pohon kelapa. Selain harganya lebih terjangkau, batang kelapa terlihat indah dengan lingkaran yang mengelilingi batangnya menyerupai cincin. Batang kelapa yang kuat dan kokoh juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.

6. Akar Kelapa

Jangan anggap remah! Meskipun tidak banyak yang tahu akan manfaat akar kelapa, siapa sangka ternyata akar kelapa bisa digunakan sebagai obat tradisional lho! Akar kelapa biasa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti demam, batuk, sakit kepala, dan diare. Selain itu, akar kelapa juga bisa digunakan sebagai campuran pupuk organik.

Jadi, sekarang sudah tau kan mengapa pohon kelapa dikenal sebagai “tree of life”. Karena selain setiap bagiannya bermanfaat bagi kehidupan manusia, pohon kelapa juga bisa sebagai penangkal banjir di pesisir pantai. Begitu banyaknya ya manfaat dari pohon kelapa di kehidupan kita!

 

Sumber :

 

Al-Amin, Muhammad Irfan. (2021). Manfaat Pohon Kelapa dari Akar hingga Pucuk Daun. Diakses pada 2023 dari https://katadata.co.id/intan/berita/617830cae66fc/manfaat-pohon-kelapa-dari-akar-hingga-pucuk-daun.

 

Fajri, Dwi Latifatul. (2023). 9 Manfaat Sabut Kelapa dan Tempurung untuk Kebutuhan Sehari-hari. Diakses pada 2023 dari https://katadata.co.id/intan/lifestyle/63ebbd388f01f/9-manfaat-sabut-kelapa-dan-tempurung-untuk-kebutuhan-sehari-hari.

 

Lantiva, Meitika Candra. (2023). Jangan Dianggap Remeh, Akar Pohon Kelapa Banyak Khasiatnya. Diakses pada 2023 dari https://radarjogja.jawapos.com/kesehatan/651808782/jangan-dianggap-remeh-akar-pohon-kelapa-banyak-khasiatnya.


Manfaat. (2023). 8 Manfaat Batang Kelapa untuk Kehidupan. Diakses pada 2023 dari https://manfaat.co.id/manfaat-batang-kelapa.